Langsung ke konten utama

Hardware

Hardware

Pengertian Hardware
Hardware adalah Perangkat Keras Komputer yang nampak secara fisik dan dapat di raba. Hardware juga adalah komponen penting dalam suatu komputer/laptop. Tanpa adanya hardware maka komputer tidak akan dapat digunakan dan software tidak dapat bekerja, begitupun sebaliknya.

Berdasarkan Fungsinya, Perangkat Keras komputer dibagi menjadi 5 komponen, Yaitu :
1.   Input Device (Perangkat Masukan)
2.   Output Device (Perangkat Keluaran)
3.   Processing Device (Perangkat Pemrosesan)
4.   Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
5.   Supporting Device (Perangkat Pendukung)

1.   Input Device
Perangkat input adalah alat yang digunakan untuk memasukan data untuk diolah oleh Komputer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam komputer untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Contoh alat input komputer :

1.     Keyboard QWERTY 
Keyboard QWERTY adalah keyboard yang susunan hurufnya diambil dari susunan huruf QWERTY yang berada di sebelah kiri. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.




2.     Keyboard Numeric
Keyboard Numeric adalah keyboard yang hanya berisi susunan angka untuk di inputkan pada komputer.


3.     Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakan kursor dan membantu user untuk memberikan perintah atau menunjuk suatu aplikasi atau data.


4.     Scanner
Scanner adalah alat yang digunakan untuk merubah teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital untuk di olah di Komputer.



2.  Output Device      
      Output device adalah perangkat keras pada komputer yang gunanya untuk mencetak  dan menampilkan informasi dari hasil input data.
      Contoh alat Output device :
1.     Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.


2.     Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghasilan suatu hasil berbentuk cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer.


3.     Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara).




3.  Processing Device
Process device yaitu perangkat yang memproses dan mengolah data pada komputer. Process device sering disebut sebagai otaknya komputer karena menjadi perangkat yang sangat penting pada proses input dan output data.
           Contoh alat proses :
1.     RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.




2.     Prossesor
Prosesor merupakan otak komputer atau bagian terpenting dari suatu komputer. Prosesor juga biasa disebut sebagai CPU. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang membantu komputer untuk menjalakan perintah dari user.





4. Storage Device
Alat penyimpanan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan hasil dari suatu pengolahan data.
Storage Device dibagi menjadi 2 bagian, Yaitu :
A.     Penyimpanan Internal
Penyimpanan internal adalah penyimpanan yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor dan berada dalam satu komputer yang sama.
Contoh  alat Penyimpanan Internal :
1.     Harddisk (HDD)
Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder pada komputer.



2.     SSD (Solid State Drive)
SSD adalah Perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten . SSD , juga dikenal sebagai flash drive atau kartu flash. SSD sekarang digunakan sebagai pengganti HDD internal karena kecepatan proses data SSD lebih cepat dibanding HDD.



B.     Penyimpanan External
Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data.
Untuk media peyimpanan berkapasitas besar dikenal beberapa ukuran RPM nya sebagai berikut :
·     3600 RPM Pre-IDE
·     5200 RPM IDE
·     5400 RPM IDE/SCSI
·     7200 RPM IDE/SCSI
·     10000 RPM SCSI

Contoh dari media penyimpanan external :
1.     CD

CD atau Compact Disk meruapakan salah satu media penyimpan eksternal yang berupa piringan optik, yang menggunakan sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data.
Jenis-jenis CD antara lain adalah :
·     CD-ROM kempanjangan dari Compact Disk Read Only Memory adalah jenis piringan optik yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Jenis ini biasa dibuat oelh vendor untuk membuat produksi massal seperti menampung buku, ensiklopedi, materi multimedia, atau program.
·     CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.
·     CD-Rewritable atau CD-RW memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru.

2.     Hardisk Eksternal



3.     DVD

DVD atau digital Video Disc merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD. Kapasitas DVD juga mampu membaca lebih cepat daripada CD dan memiliki kualitas muatan video setara cinema.

4.     Flash Disk

Flash Disk atau  disebut flash drive merupakan media penyimpan eksternal yang sangat praktis dalam penggunaannya. Flash disk jmemiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Seklipun ukurannya relatif sangat kecil.

5.   Supporting Device
Supporting Device adalah Perangkat tambahan atau pendukung dalam suatu komputer.
Contoh alat pendukung :
1.  Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
           Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
– Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
– Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
– Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.






2.  Modem
Modulator Demodulator adalah alat yang memungkinkan PC, Mini Computer, atau Mainframe untuk menerima dan mengirim data dalam bentuk digital.
Modem juga adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.




3.  VGA Card
VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan TI Diberbagai Bidang

Hallo teman-teman, selamat datang diblog saya. Saya merasa senang bisa berbagi ilmu, walaupun tidak banyak yang bisa saya bagi. Selagi masih bisa berbagi, maka berbagilah tidak perduli banyak atau sedikit, besar atau kecil. karena dengan berbagi, kita bisa membuat orang lain bahagia dan kita akan bahagia karena kebahagiaan orang lain. OK lah... tidak usah panjang lebar, kita langsung saja ke materinya. 

Software (Perangkat Lunak)

Hallo teman-teman, selamat datang kembali diblog saya yang simple ini. Dipostingan kali ini saya akan membahas mengenai " Software" , mulai dari pengertian, jenis software berdasarkan lisensinya, jenis aplikasi software, contoh aplikasi perangkat lunak dasar, aplikasi web pengganti aplikasi desktop. 1. Pengertian Software (Perangkat Lunak) Apa sih itu software ? Soft  artinya lunak dan ware artinya perangkat. Jadi, dalam bahasa Indonesia Software artinya perangkat lunak. Lalu apa sebenarnya pengertian Software ? Software adalah  istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.  [Wikipedia] Bisa dibilang software adalah bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud ataupun bentuk. Fungsi software secara luas adalah sebagai sarana interaksi yang menjembatani dan menghubungkan antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware